SISWA SISWI KOTA TANJUNGPINANG GEMPARKAN SMK N 3

KARO SDM Polda Kepri memberikan sosialisasi kepada Pemuda pemudi Kota Tanjungpinang





Sebanyak 500 siswa dan siswi Se- Kota Tanjungpinang mendapatkan Sosialisasi Pembinanaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri dari Biro SDM Polda Kepri dan Polres Tanjungpinang diruangan di Aula SMK N 3 , Kamis (16/11) pagi .
Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, SH, S.IK, MH yang juga dihadiri oleh Karo SDM ( Kepala Biro Sumber Daya Manusia ) Polda Kepri Kombes Pol Bariza Sulfi beserta pejabat utama dan staf Polres Tanjungpinang.

Selain itu, Wakil Ketua II DRPD Kota Tanjungpinang Bapak Ahmad Dani serta Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Bapak Drs. Marzul Hendri dan perwakilan dari Dinas Kesehatan juga menyempatkan diri hadir dalam kegiatan yang diadakan oleh Polres Tanjungpinang.


Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ardiyanto kepada seluruh siswa dan siswi Se - Kota Tanjungpinang, tujuan diadakan nya sosialisasi pembinaan dan pelatihan ini untuk menjaring putra dan putri terbaik yang berasal dari daerah kota Tanjungpinang dalam mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi calon anggota Polri, baik sebagai Taruna Akpol, Bintara Polri maupun Tamtama Polri, yang nantinya diharapkan apabila selesai melaksanakan proses pendidikan di SPN ( Sekolah Polisi Negara ) Tanjung Batu dapat bertugas kembali di daerah asal Kota Tanjungpinang untuk mengabdi sebagai Anggota Kepolisian, terang Ardiyanto.
Lanjut Ardiyanto menyampaikan, dalam Pembinanaan dan pelatihan ini, Polres Tanjungpinang berkoordinasi langsung dengan Biro SDM Polda kepri untuk memberitahukan proses apa saja yang akan dilalui dalam seleksi nantinya.


Tim Biro SDM Polda Kepri akan memberikan pembinaan dan pelatihan secara teknis dan taktis maupun persyaratan seleksi yang akan dipilih para siswa dan siswi, jenjang Taruna Akpol, Bintara maupun Tamtama ( di khususkan untuk Personil Brimob )”.
Apabila ada keahlian khusus baik bidang olahraga maupun akademis akan kita berikan kemudahan melalui Talent Scouting, namun tidak serta merta harus lulus menjadi Anggota Polri, tetap akan kita lakukan pengecekan baik data ditingkat Daerah maupun Nasional, tentu nya kesehatan juga tetap kita lakukan pengecekan, ungkap Ardiyanto.

Hal senada juga yang disampaikan oleh Karo SDM KBP Bariza Sulfi dalam arahan nya kepada siswa/siswi calon anggota Polri, pembinaan dan pelatihan ini bukan berarti bisa langsung mendapatkan prioritas menjadi anggota kepolisian , kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan diri bagi calon peserta Anggota Polri sebelum melaksanakan tes seleksi nantinya.
Bariza juga menyampaikan, bahwa animo Calon Anggota Polri banyak yang berasal dari Kota Tanjungpinang yang tahun lalu lebih kurang 300 orang, dan sekarang yang mengikuti sosialisasi ini juga banyak lebih kurang 500 orang, baik yang baru mau mendaftarkan diri maupun yang gagal seleksi juga ikut, jelasnya.


Bariza juga menghimbau kepada seluruh peserta Binlat, dengan banyak nya animo ini tidak menutup kemungkinan akan ada nya orang yang mengambil kesempatan untuk bermain dalam proses seleksi calon anggota Polri, dalam perekrutan nantinya berlandaskan program Promoter ( Profesional , Modern dan Terpercaya ) dan tidak dipungut biaya sepeserpun, tegas nya.

Apabila nantinya ada oknum yang bermain baik dari dalam maupun luar agar segera menyampaikan kepada saya, kita inginkan dalam proses seleksi calon anggota Polri benar-benar berkualitas, bersih dan akuntabel, peran serta peserta seleksi dalam mewujudkan Polri yang Bersih sangat penting, jangan segan segan melaporkan ada nya kecurangan , tentunya harus dilengkapi dengan data yang akurat, Panitia akan langsung menindak tegas dan memproses secara hukum apabila ada indikasi pidana, tutup nya.(*)


Sy. Tiar 

Komentar